Apr 21, 2015

Pare, yang Pahit yang banyak khasiat


Kebanyakan orang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Namun, banyak ahli diet, ahli kesehatan dan dokter yang merekomendasikan pare untuk dikonsumsi rutin karena sayur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya? Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari pare, seperti dilansir Mag For Women.
1. Meningkatkan imunitas
Pare dikatakan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda hanya perlu merebus pare, dan kemudian mengonsumsi airnya setiap hari untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Pare juga sangat kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.
2. Menyembuhkan gangguan pernafasan
Untuk gangguan pernafasan seperti pilek, batuk dan asma, jus pare mentah adalab obatnya. Biasakan untuk mengonsumsi jus pare mentah setiap pagi sebelum sarapan untuk mendapatkan hasil terbaik.
3. Mengurangi jerawat
Pare dapat memurnikan dan mendetoksifikasi darah. Itu bisa mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh secara internal. Sayuran ini juga membantu untuk mengatasi berbagai jenis infeksi kulit dan darah, seperti bisul, kudis, penyakit jamur dll.
4. Membantu pengobatan diabetes tipe 2
Pare mengandung phytonutrient, polipeptida-P, yang merupakan insulin tanaman yang dapat mengurangi kadar gula darah. Nutrisi ini juga dapat menyusun agen hipoglikemik disebut charantin yang bisa meningkatkan sintesis glikogen dalam tubuh. Kedua senyawa tersebut dapat membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2 dengan mengurangi kadar gula dalam darah.
5. Membantu penurunan berat badan
Karena pare kaya akan antioksidan, sayuran ini sangat berguna dalam mengeluarkan racun dari tubuh, yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Konsumsi jus pare secara teratur telah terbukti efektif dalam penurunan berat badan.
6. Meningkatkan penglihatan
Pare mengandung beta-karoten, yang berguna dalam mengurangi infeksi mata, serta meningkatkan penglihatan.
7. Mengurangi sembelit
Bagi mereka yang menderita masalah lambung atau memiliki masalah pada gerakan usus, konsumsi pare menjadi suatu keharusan. Serat pare dapat memudahkan pencernaan makanan dan mencegah sembelit.
8. Mencegah penyakit jantung
Pare dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, yang bisa memblokir dinding arteri dan menyebabkan masalah jantung.
Inilah delapan khasiat dari pare bagi tubuh. Banyak, bukan? Jadi tunggu apalagi? Segera konsumsi pare!