May 24, 2015

Bocah tujuh tahun di China jadi pahlawan karena selamatkan i


Xiaolei, bocah tujuh tahun asal Provinsi Zhejiang, China, menolong ibunya yang diketahui pingsan di kamar mandi rumah mereka. Melihat ibunya tergeletak dan tidak bergerak, bocah laki-laki ini kemudian menelepon nomor darurat, 120, untuk mendapat bantuan.
"Ibuku pingsan, tolong kirim bantuan," ujarnya tenang ketika menelepon operator bantuan tersebut, seperti dilansir dari CCTV News, Minggu (24/5).
Dia menjelaskan dirinya begitu tenang saat menelepon operator sebab tak ada orang dewasa di sekitarnya kala itu. Selain itu, mendengar detak jam dinding di rumahnya membuatnya bisa bersikap terkendali, dan mengingat ajaran gurunya di sekolah bagaimana membuat panggilan darurat.
"Saya mengatakan pada mereka kondisi ibu dan alamat rumah saya," cerita dia.
Ayah Xiaolei sedang dalam perjalanan bisnis di luar kota ketika kejadian tersebut terjadi. Dia kemudian dibantu gurunya beberapa hari belakangan ini.
Dokter yang menangani ibu Xiaolei, Dai Haiwen, mengatakan bangga pada anak tersebut.
'Panggilan bantuan darurat anak itu membantu ibunya tetap hidup, walaupun ibunya masih koma, namun anak ini menyelamatkan nyawanya," ujar Dai yang bekerja di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Zhejiang.
Kisah Xiaolei menyelamatkan ibunya tersebar di jejaring sosial lokal, Weibo. Para netizen kemudian menyebut Xiaolei sebagai pahlawan muda, lantaran bertindak sangat dewasa saat menyelamatkan ibunya.