Nov 18, 2013

Peluncuran PS4 di barengi Pencurian


Para penggemar video game sangat menantikan peluncuran PlayStation 4, yang akhirnya dirilis kepada publik pada Jumat, 15 November. Namun, karena tingginya permintaan, akses terhadap sistem video game baru tersebut dibatasi hanya untuk para pelanggan yang melakukan pemesanan PS4 seharga $400 (setara Rp4,56 juta) beberapa bulan sebelum dirilis.

 Namun hal itu tidak menghentikan sejumlah penjahat merampok pemiliki PlayStation sesaat setelah mereka meninggalkan toko bersama konsol game di tangan mereka.

Di Bakersfield, California, Amerika Serikat, Marcus Jenkins (19) dan Maurice Boyd (20), ditangkap pihak berwenang setempat setelah diduga merampok seorang pelanggan yang sedang meninggalkan toko bersama PlayStation 4 yang ia baru beli lewat tengah malam pada Jumat.

“Bagi pencuri, PS4 juga merupakan barang yang amat diidamkan,” ujar Sersan Joe Grubbs dari Kepolisian Bakersfield kepada Bakersfield News. “Entah untuk dijual, atau untuk dijadikan ‘hadiah’.”

Bakersfield News melaporkan sebuah percobaan perampokan serupa terjadi saat seorang pelanggan lainnya meninggalkan toko Best Buy. Dua orang pria bersenjata yang mengenakan topeng menghadang pelanggan tersebut. Namun entah bagaimana, pelanggan tersebut berhasil menghindari perampokan dan menelepon polisi.

Ribuan pelanggan pada Kamis, 14 November mengantre menjelang peluncuran PlayStation 4 dan sejumlah pakar industri mengatakan pihaknya memperkirakan permintaan terhadap PlayStation 4 akan melebihi persediaan selama beberapa bulan ke depan. Xbox One dijadwalkan akan dirilis pekan ini dan permintaan prarilis konsol tersebut membludak di sejumlah toko online seperti Amazon dan Best Buy.

Sementara itu, di Kansas, Amerika Serikat, Jordan S. Vincent (22) berhasil membawa pulang konsol video game barunya. Namun, sekitar pukul 1.30 pagi, ia mengatakan sejumlah orang tidak dikenal menyatroni rumahnya dan membawa kabur PlayStation 4 yang ia baru beli.

Polisi setempat mengatakan kasus pencurian barang belanjaan tidak terbatas hanya pada peluncuran PlayStation baru. Business Insider melaporkan bahwa lebih dari 100 juta orang rentan mengalami kasus pencurian pada musim liburan Natal dan polisi mengatakan risikonya tetap tinggi sepanjang musim liburan.