Jul 31, 2013

4 Langkah mudah turunkan berat badan


Mengurangi berat badan telah menjadi tujuan bagi banyak orang. Selain untuk alasan kesehatan, banyak yang ingin menurunkan berat badan karena masalah penampilan. Pertanyaannya, bagaimana cara menurunkan berat badan dengan mudah?
Ahli dari Harvard Medical School, seperti dilansir oleh Third Age (30/07) memberikan beberapa panduan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan mudah. Namun, ini bukan cara instant. Anda harus tetap berusaha dan bersabar.
1. Mulai dengan turunkan sedikit berat badan
Jangan langsung melakukan tindakan ekstrem untuk menurunkan berat badan Anda secara instan dan besar-besaran. Awalnya, Anda harus mencoba mengurangi 5 - 10 persen berat badan. Berikan diri Anda waktu dan jangan terlalu ketat mematok hasil. Biasanya orang membutuhkan waktu enam bulan untuk berhasil mencapainya.
2. Buat target yang spesifik
Tetapkan target yang kecil dan spesifik. Misalkan "Aku akan mengurangi makan malam dan lebih banyak olahraga," lebih spesifik lebih baik karena Anda bisa membayangkan cara mengaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Contoh di bawah ini bisa menjadi inspirasi Anda:
- Aku akan memasak menu sehat untuk makan malam.
- Aku akan membawa makan siang sehat dari rumah untuk di kantor setidaknya tiga kali seminggu, dan lainnya.
3. Tingkatkan kualitas sarapan
Pilih dengan bijak menu sarapan Anda. Ini penting untuk mengurangi kecenderungan makan lebih banyak lemak di siang dan sore hari. Pilih sarapan yang mengandung serat dan rendah gula. Hindari sarapan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol.
4. Makan lebih pelan
Cobalah makan lebih pelan. Setidaknya Anda harus menghabiskan sekitar 20 menit untuk setiap makanan. Namun jika ini tak memungkinkan, terutama saat makan siang di tempat kerja, pilihlah salah satu waktu makan untuk memulai, misalkan makan malam. Kemudian biasakan diri untuk makan lebih lambat. Jika perlu, siapkan jam untuk mengukur waktu makan Anda.
Itulah beberapa cara mudah untuk menurunkan berat badan. Pilihlah cara yang mudah dan cocok bagi Anda, kemudian jadikan itu kebiasaan. Langkah di atas mungkin tak bisa membuat Anda menurunkan berat badan secara instan, namun cara di atas lebih mudah dilakukan daripada diet yang ekstrem dan menyiksa.


EmoticonEmoticon