Feb 1, 2013

SBY: Pertemuan di Monrovia Sukses, Dilanjutkan di Bali

(Foto: Arifin Asydhad/detikcom)
Monrovia - Presiden SBY menilai pertemuan High Level Panel (HLP) Eminent Persons on the Post-2015 Development Agenda berlangsung sukses. Dalam pertemuan di Monrovia disepakati tahapan kritis sebagai kelanjutan dari pertemuan di London. Pertemuan selanjutnya yang akan membahas hasil pertemuan Monrovia lebih detil akan digelar di Bali pada 25-27 Maret 2013.

"Pertemuan ketiga high level panel berlangsung sukses. Terima kasha atas kepemimpinan Presiden Sirleaf," kata Presiden SBY dalam jumpa pers bersama Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf dan Perdana Menteri Inggris David Cameron seusai pertemuan High Level Panel di Hotel Grand Royal, Monrovia, Jumat (1/2/2013).

SBY, Ellen Johnson dan David Cameron merupakan co-chair HLP yang telah ditunjuk Sekjen Ban Ki Moon beberapa waktu lalu. Pertemuan Monrovia ini merupakan pertemuan ketiga, setelah sebelumnya dilakukan di New York dan London. HLP ini beranggotakan 26 anggota yang terdiri dari berbagai negara dan latar belakang.

"Dalam pandangan saya, pertemuan ketiga ini telah menetapkan tahapan kritis dalam pekerjaan panel. Jika Anda ingat , di London, kami membahas panjang lebar kemiskinan individu dan keluarga. Saat ini, pembahasan kita fokus pada aspek pembangunan nasional. Kami juga telah melakukan diskusi yang produktif dengan berbagai elemen kunci di level nasional. Elemen-elemen kunci itu menuntut kesejahteraan yang berlanjutan dan pertumbuhan berkelanjutan yang berkeseimbangan," kata SBY.

Selanjutnya SBY menyambut inisiatif dari Presiden Ellen Johnson untuk menghasilkan Komunike Monrovia. "Saya mengakui bahwa masih ada banyak yang harus dilakukan untuk menghasilkan laporan akhir yang solid dari Panel. Namun, saya yakin bahwa dengan kemajuan yang dicapai sejauh ini, kami akan bisa memenuhi mandat kami sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan," kata SBY.

Laporan akhir panel akan dibahas dalam pertemuan keempat yang akan berlangsung pada 25-27 Maret 2013 di Bali. "Pertemuan kami di Bali akan fokus pada aspek-aspek global pembangunan. Saya senang untuk mengundang media untuk datang ke Bali, dan tetap terlibat dengan kami dalam mendukung tugas penting karena kita telah mencapai akhir dari perjalanan kita," pinta SBY.
di kutip dari Detikcom


EmoticonEmoticon