Feb 2, 2013

SBY dan Goodluck Bertemu, RI dan Nigeria Perkuat Kerja Sama

 
   Presiden SBY dan Presiden Nigeria Goodluck Abelle Jonathan melakukan pertemuan bilateral. Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat untuk memperkuat hubungan kerja sama, terutama dalam investasi dan perdagangan, seperti bidang pangan, pertanian dan energi.

Pertemuan bilateral kedua kepala negara itu berlangsung di Istana Presiden Nigeria di Abuja, Sabtu (2/2/2013). SBY didampingi sejumlah menteri dan pejabat negara. Tampak antara lain Menlu Martynatalegawa, Seskab Dipo Alam, Mensesneg Sudi Silalahi, Mendag Gita Wirjawan, Menperin MS Hidayat, Menteri KLH Baltsazar Kambuaya, Kepala BKPM Chatib Basri, dan Wamenag Nasaruddin Umar. Hadir pula Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Anang Iskandar dan Kepala BIN Marciano Norman.

Pertemuan berlangsung sekitar 45 menit. Seusai pertemuan, SBY dan Goodluck menggelar jumpa pers di teras istana. Dalam pernyataannya, Goodluck yang mengenakan pakaian khas Nigeria warna hitam dan bertopi hitam menyampaikan harapannya bahwa Nigeria dan Indonesia bisa bekerja sama lebih erat lagi.

Sementara SBY menyampaikan bahwa hubungan kerja sama Indonesia dan Nigeria saat ini sudah baik. Namun, di masa mendatang perlu kerja sama yang lebih erat lagi. "Kami nanti akan menginventarisir area apa saja yang bisa dilakukan kerja sama untuk tahun-tahun mendatang," kata SBY.

Salah satu kerja sama yang akan dilakukan kedua negara, tentu kerja sama perdagangan dan investasi. "Seperti bidang pangan, pertanian dan juga energi," jelas SBY. Selain soal perdagangan investasi, kedua negara juga akan melakukan kerja sama dalam bidang keamanan.

Setelah pertemuan bilateral kedua kepala negara, nanti akan dilanjutkan dengan berbagai pertemuan untuk merealisasikan hal ini. "Saya percaya bila potensi kedua negara ini dikerjasamakan, nanti akan lebih menguntungkan kedua negara," harap dia.

Pada kesempatan itu, SBY menyampaikan terima kasih atas sambutan Presiden Goodluck yang sangat baik. SBY juga memuji Nigeria sebagai salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik di benua Afrika.

Sementara itu, selain pertemuan bilateral antara Presiden SBY dan Presiden Goodluck, juga telah digelar Forum Bisnis Indonesia-Nigeria di Hotel Transcorp Hilton, Abuja. Dalam forum yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama investasi dan perdagangan itu, Mendag Gita Wirjawan, Kepala BKPM Chatib Basri, dan Menteri Perdagangan dan Investasi Nigeria Olusegun Olutoyin Aganga menjadi pembicara. Forum ini juga dihadiri para pebisnis dari kedua negara.


EmoticonEmoticon