Mar 26, 2016

Uang Rp 1,5 M Tercecer di Sungai Danube, Polisi Austria Bingung


Kepolisian Austria tengah kebingungan dengan temuan uang tunai lebih dari 100 ribu euro atau setara Rp 1,5 miliar. Lembaran uang kertas dengan jumlah besar itu mengapung di Sungai Danube.

Ratusan lembaran uang pecahan 100 Euro dan 500 Euro tersebar mengapung di sungai tersebut. Tidak diketahui pasti asal uang yang jumlahnya tidak sedikit tersebut.

Menurut kepolisian Wina, seperti dilansir Reuters, Senin (7/12/2015), penyelidikan sejauh ini menyatakan tidak ada aksi kriminal yang terjadi di wilayah tersebut yang melibatkan hilangnya sejumlah uang tersebut.

Dilaporkan surat kabar Oesterreich, bahwa seorang pemuda yang nekat melompat ke dalam sungai untuk mengumpulkan uang kertas tersebut. Warga setempat yang mengira pemuda itu berniat bunuh diri, melapor kepada kepolisian setempat.

Polisi datang ke lokasi kejadian nyaris bersamaan ketika pemuda itu mengumpulkan uang-uang kertas yang mengapung di sungai. Kini, pemuda itu berniat mengklaim bagiannya dari temuan uang itu.

"Pemuda itu menyatakan dirinya berniat membawa temuan itu ke polisi, tapi pertanyaannya apakah polisi atau pemuda itu yang terlebih dahulu menemukan uangnya," ucap juru bicara kepolisian setempat.

Sesuai dengan aturan yang berlaku di Austria, siapa saja yang menemukan uang tunai dan membawanya kepada polisi bisa mengklaim bagiannya sebesar 5-10 persen dari total uang yang ditemukan. Bahkan orang ini berhak menerima seluruh uang yang ditemukan, jika dalam waktu setahun kemudian pemilik uang itu tidak ditemukan.


EmoticonEmoticon