Jan 22, 2015

#SaveKPK jadi trending topic dunia urutan pertama


Paska penangkapan dan penetapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto sebagai tersangka oleh Polri, dukungan terhadap KPK terus mengalir dari berbagai kalangan. Sejumlah masyarakat yang menyuarakan gerakan #SaveKPK siang ini berkumpul di gedung KPK.

Dari pantauan kami, Jumat (23/1) pukul 14.00 WIB hashtag #SaveKPK berada di posisi pertama trending topic dunia. Sementara kata kunci 'KPK vs Polri' berada di urutan kedelapan.

Sebelumnya, gerakan #SaveKPK kembali hadir sebagai bentuk penyelamatan terhadap lembaga pemberantas korupsi itu. Undangan #SaveKPK kemudian menjadi viral di sosial media yang mengharapkan kehadiran masyarakat di gedung KPK.

"Mengundang seluruh masyarakat Indonesia kumpul di KPK jam 13.00 WIB sehabis shalat Jum'at. Mengawal KPK atas berita penangkapan Bambang Widjajanto."

Bambang ditangkap Jumat pagi yang kemudian ditetapkan statusnya menjadi tersangka dengan dugaan menyuruh saksi memberikan keterangan palsu pada sidang gugatan Pilkada Kotawaringin Barat di MK.

"Iya, diperiksa sebagai tersangka. Dikenakan Pasal 242 juncto Pasal 55 KUHP, melakukan dan memberikan keterangan palsu di depan sidang pengadilan di MK pada tahun 2010. Ancamannya 7 tahun kurungan penjara dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyidik," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Ronny F Sompie di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (23/1).