Oct 18, 2013

Dunia Akan hancur 19 tahun lagi


Bumi yang kita tinggali ini bisa hancur pada 26 Agustus 2032.

Astronom Ukraina mengatakan 19 tahun lagi asteroid sebesar 396 meter persegi bisa menghantam Bumi dengan kekuatan 2.500 bom nuklir.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Jumat (18/10), asteroid bernama 2013 TV135 itu ditemukan pekan ini oleh para ilmuwan di Pusat Observatorium Astrofisika Ukraina. Komunitas internasional telah memasukkan asteroid itu dalam kategori salah satu benda luar angkasa berbahaya.

Namun kemungkinan asteroid itu menabrak bumi diperkirakan masih sangat kecil. Ilmuwan memprediksi kemungkinan asteroid itu menabrak Bumi 1 berbanding 63 ribu. Artinya masih ada 99,9984 persen kemungkinan kehidupan di Bumi akan tetap berlangsung normal.

Probabilitas itu bagaimana pun masih cukup besar, mengingat dampak asteroid itu jika menabrak Bumi akan menyebabkan kerusakan seluas 160 ribu kilometer dan perubahan iklim bertahun-tahun di muka Bumi.

Kalau pun asteroid itu tidak menabrak Bumi maka dia akan melintas cukup dekat dengan Bumi, di sekitar orbit planet.

Asteroid itu masih tetap lebih kecil dibanding benda luar angkasa yang pernah menghantam Bumi dan membinasakan dinosaurus 65 juta tahun lalu. Asteroid yang menabrak Bumi ketika itu diperkirakan berdiameter 9 kilometer.

Setelah ilmuwan Ukraina menemukan asteroid itu pekan lalu, sejumlah astronom di Spanyol, Italia, Rusia, dan Siberia membenarkan keberadaan asteroid itu.


EmoticonEmoticon