Apr 24, 2013

Ahok minta 3 perusahaan bangun turap di Penjaringan



Jakarta-Kawasan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara sering tergenang air saat hujan deras. Saat ini, ada tiga perusahaan swasta yang akan membangun di daerah tersebut. Untuk itu, Pemprov menganjurkan perusahaan tersebut juga membangun sheet pile (turap) untuk penahan air.

"Nah masalahnya kan dia belum bangun, kalau kita tunggu, orang sudah banjir terus, ada lagi pelabuhan yang banjir. Nah daripada mereka tidak jelas, saya tawarkan ke mereka, sekarang pilihannya jelas, tanahnya jual ke kami saja kalau belum dibangun, nah satu tertarik, berarti tinggal dua," ungkap Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/4).

Ahok mengatakan salah dua dari tiga perusahaan tersebut masih belum ada kejelasan akan membangun apartemen. Untuk itu, Pemprov akan membangunkan sheet pile terlebih dahulu dengan konsekuensi perusahaan tersebut mengganti pembuatan sheet pile di tempat lain.

"Ya sudah saya bilang, kalau gitu kami akan lakukan sheet pile tahun ini. Tapi nanti begitu kami kasih izin ke kamu, kami kenakan kewajiban anda di tempat lain, enak saja kita bangunin buat kamu,"jelasnya.

Namun, politisi Gerindra ini tidak mengingat ketiga perusahaan tersebut. "Gak inget aku, otak aku kan terbatas, ini belum gigabyte," ujar Ahok sambil tertawa.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Manggas Rudi Siahaan saat ditemui terpisah mengatakan hal yang sama. Sebab, sering terjadi genangan air kala hujan di sebelah timur Waduk Pluit.

"Nah kalau ini diturap, masyarakat di sana kan tidak akan tergenang, ini yang kita bahas, seperti itu, kita akan koordinasi dengan pengembang, ya nanti mungkin kita matangkan dalam minggu-minggu ini lah," ungkapnya.


EmoticonEmoticon