Feb 3, 2013

Suu Kyi Jadikan Novel Harry Potter Sebagai Penyemangat Selama Ditahan


    Siapa sangka, Aung San Suu Kyi menyukai buku Harry Potter karya JK Rowling. Bahkan Suu Kyi menyebut buku Harry Potter sebagai salah satu movitasinya saat ditahan oleh militer Myanmar.

Seperti diberitakan news.com.au, Minggu (3/2/2013), Suu Kyi yang mendapatkan nobel perdamaian, menjadi tahanan rumah oleh militer Myanmar. Dalam masa penahanannya itu, ia menyebut salah satu keberaniannya didapatkan saat membaca novel penyihir tersebut.

"Saya harus akui, saya membaca semua buku Harry Potter," ujar Suu Kyi saat berbicara di pembukaan Festival Sastra Irrawaddy di Yangon.

"Saya benar-benar tidak tahu bagaimana saya bisa cukup berani untuk melakukan semua hal yang anak-anak lakukan. Jadi ketika orang berbicara tentang keberanian saya, saya berpikir 'mereka tidak tahu apa-apa tentang Harry Potter'," katanya sambil tertawa.

Pemimpin oposisi Burma tersebut juga menyukai karya-karya dari George Eliot dan Victor Hugo. Ia juga mengungkapkan bahwa dia 'memakan' novel detektif. Sementara itu, panitia mengatakan, festival untuk mengeksploitasi kebebasan baru Burma untuk mendorong tulisan berani.

(detikcom)


EmoticonEmoticon