Jul 25, 2013

Manusia merasa bahagia dua kali saja seumur hidupnya?


Kebahagiaan manusia memang naik turun. Namun kebahagiaan maksimal ternyata dirasakan seseorang ketika usianya menginjak 23 tahun, kemudian menurun di usia setengah abad, lalu meningkat lagi saat mereka mencapai usia 69 tahun, demikian menurut penelitian terbaru.
"Orang-orang yang usianya mencapai 50-an perlu belajar bagi lansia yang tidak terlalu frustasi dengan hal-hal yang gagal dicapai ketika muda," papar peneliti Dr Hannes Schwandt dari Princeton University.
Menurut peneliti, orang-orang yang masih muda cenderung berharap terlalu tinggi tentang masa depannya. Sehingga ketika semua tidak berjalan sesuai rencana, kebahagiaan mereka semakin menurun.
Sebaliknya, ketika merasa gagal, orang dewasa berusia 50-an menyepelekan kepuasaan hidup mereka di masa senja. Padahal bukan tidak mungkin bahwa mereka bisa merasakan kepuasan dan kebahagiaan lagi.
Dengan adanya riset tersebut, peneliti berharap bahwa orang-orang yang masih muda perlu merencanakan masa depannya lebih baik lagi.
Sebanyak 23.161 orang berusia 17-85 tahun dilibatkan dalam penelitian ini. Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, para responden ditanya tentang kepuasan hidup yang dirasakan dan harapan berbahagia di masa yang akan datang.


EmoticonEmoticon