Apr 4, 2013

Susunan Pemain Terbaik ISL Terbaru


Sepanjang Maret lalu, tiga klub tampil menonjol di Indonesia Super League (ISL) 2012/13, yakni Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, dan Persib Bandung. Sriwijaya FC mencatat lima kemenangan berturut-turut, yakni dua laga kandang, dan tiga tandang.

Tak mengherankan bila para pemain ini mendominasi susunan pemain terbaik ISL Maret 2013 yang disusun redaksi GOAL.com Indonesia. Skema 4-3-3 menjadi pilihan dengan materi pemain yang berkarakter menyerang.

GOAL.com Indonesia juga mengajak pembaca untuk mengikuti polling guna menentukan siapa dari susunan pemain ini yang pantas mendapat predikat terbaik sepanjang Maret.

Berikut susunan pemain terbaik ISL Maret 2013:


Kiper - Rivky Mokodompit

Sriwijaya FC


Tampil sebagai kiper pengganti, karena Ferry Rotinsulu mengalami cedera, Rivky Mokodompit memperlihatkan performa mengesankan sepanjang Maret. Sempat gugup di awal bulan, Mokodompit mulai percaya diri selepas mengalahkan Persib 2-1. Penyelamatan gemilang dilakukan Rivky di laga itu, dan saat tandang ke markas Persepam Madura United.

Bek - Mahyadi Panggabean

Sriwijaya FC


Peranan Mahyadi Panggabean dalam membantu Sriwijaya FC meraih lima kemenangan berturut-turut sepanjang bulan lalu sangat besar. Mahyadi tampil bagus, baik ketika mendapat tekanan, atau pun saat naik menyerang untuk menambah daya gedor Sriwijaya FC. Tak jarang penetrasi Mahyadi kerap merepotkan barisan pertahanan tim yang dihadapi.

Bek - Otavio Dutra

Persipura Jayapura


Bermain konsisten dalam dua bulan terakhir, Otavio Dutra tetap menjadi tembok pertahanan kokoh bagi Persipura. Bukan itu saja, Dutra menjadi bek dengan torehan gol bagus, yakni tiga. Pelatih Jacksen F Tiago menaruh kepercayaan besar kepada Dutra, dan menurunkan pemain ini secara penuh di lima laga.

Bek - Victor Igbonefo
Arema Indonesia

Performa konsisten juga diperlihatkan Victor Igbonefo dalam dua bulan terakhir. Walau Arema hanya melakoni dua laga pada bulan lalu, Igbonefo bermain bagus, dan gawang tim Singo Edan hanya kebobolan satu gol. Penampilan bagus ini juga dilanjutkan Igbonefo saat dipercaya menjalani debut dengan tim nasional Indonesia ketika dikalahkan Arab Saudi 2-1 di kualifikasi Piala Asia 2015.

Bek - Supardi

Persib Bandung


Bek kanan Persib ini menunjukkan performa bagus sepanjang Maret. Supardi tercatat dua kali membuat assist saat menghadapi Gresik United dan Pelita Bandung Raya. Penetrasi Supardi juga memaksa bek Persija Jakarta Fabiano Beltrame melakukan pelanggaran, sehingga diganjar kartu kuning kedua. Namun performa Supardi tidak istimewa ketika memperkuat tim nasional, mengingat ia dijadikan bek kiri.

Gelandang - Hilton Moreira

Sriwijaya FC


Perlahan-lahan, Hilton Moreira mulai bisa menjalani peranan yang pernah diemban Keith Kayamba Gumbs pada musim lalu. Setelah Kayamba hengkang, Hilton kini menjelma menjadi motor permainan Sriwijaya FC. Kreativitas dan umpan terukur Hilton kerap memanjakan pemain depan yang mengancam barisan belakang tim lawan. Bukan itu saja, Hilton juga melesakkan dua gol sepanjang Maret lalu.

Gelandang - Immanuel Wanggai

Persipura Jayapura


Penampilan mengesankan diperlihatkan Manu Wanggai sepanjang Maret. Wanggai menjadi pengatur kestabilan lini tengah Persipura, baik di saat bertahan maupun menyerang. Wanggai mengakhiri penampilan apiknya dalam lima laga bulan lalu dengan satu golnya ke gawang PSPS. Dia mendapat kepercayaan sebagai starter di tim nasional, dan bermain 90 menit.

Gelandang - Eddy Foday Boakay

Sriwijaya FC


Peranan pemain asal Liberia ini juga besar bagi Sriwijaya FC. Ketergantungan Laskar Wong Kito terhadap Eddy Foday Boakay cukup tinggi. Ia menjadi pencetak gol kemenangan saat mengalahkan Persib 2-1 dan Persita 2-0. Sempat dikabarkan dipecat manajemen Sriwijaya FC, karena memperkuat timnas Liberia, hal itu tidak mengganggu performa Eddy. Ia mengubah permainan Sriwijaya FC saat dimasukkan menggantikan Sutan Samma ketika tertinggal 1-0 dari Persela, sebelum akhirnya membalikkan hasil akhir.

Striker - Boaz Solossa

Persipura Jayapura


Masih memperlihatkan performa konsisten bersama Persipura. Boaz tak hanya bertugas sebagai striker, namun juga bisa digeser menjadi sayap kiri. Walau hanya mencetak dua gol sepanjang Maret lalu, yakni ke gawang PSPS Pekanbaru saat menang 5-0, tidak mengurangi peranan Boaz dalam membantu rekan satu timnya. Performa ini berlanjut di timnas. Sempat mencetak gol lebih dulu ke gawang Arab Saudi di awal laga, Indonesia akhirnya dipaksa menyerah 2-1.

Striker - Sergio van Dijk

Persib Bandung


Ketergantungan Persib terhadap sosok Sergio van Dijk makin meninggi. Sejak dimainkan pada Februari, Van Dijk mulai menyatu dengan permainan Persib. Pemain naturalisasi ini telah menyumbang tujuh gol bagi Persib dalam tujuh penampilannya sepanjang bulan lalu, satu diantara lewat tendangan dari jarak sekitar 30 meter saat mengalahkan Persija Jakarta 3-1. Ia juga hampir mencetak gol ketika menjalani debutnya bersama tim nasional ketika dikalahkan Arab Saudi 2-1.

Striker - Tantan

Sriwijaya FC


Maret menjadi performa terbaik Tantan bersama Sriwijaya FC. Sepanjang bulan lalu, Tantan hanya 'absen' mencetak gol, yakni ketika Sriwijaya FC mengalahkan Persita 2-0. Sepanjang Maret, enam gol dilesakkan Tantan, satu diantaranya berupa hat-trick ke gawang Gresik United di awal Maret. Aktor penting di balik rekor positif Sriwijaya FC dengan berhasil mengemas lima kemenangan beruntun, baik kandang maupun tandang.

Pelatih – Kas Hartadi

Sriwijaya FC


Setelah digasak Arema Indonesia pada akhir Februari, Kas Hartadi mampu mengubah wajah Sriwijaya FC menjadi tim solid sepanjang Maret. Laskar Wong Kito mencatat hasil sempurna di lima laga pada bulan lalu, baik kandang maupun tandang. Hasil ini membuat Sriwijaya FC perlahan-lahan menapak ke papan atas klasemen sementara. Kas juga bisa memaksimalkan seorang pemain yang tampil tidak konsisten seperti Tantan, menjadi striker yang haus gol.

PEMAIN PENGGANTI
Kiper Bek Bek Gelandang

Kurnia Meiga
(Arema)

Abdulrahman
(Sriwijaya FC)

Bio Paulin
(Persipura)

Zah Rahan
(Persipura)
Gelandang Striker Striker

M Ridwan

(Persib)

James Koko Lomell
(Persiram)

CKenji Adachihara
(Persib)
goal.com


EmoticonEmoticon