Berikut ini adalah Contoh Proposal Skripsi Terbaru dengan judul
“Pengaruh Kegiatan Kelompok Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”
Latar Belakang Masalah
Upaya pencapaian hasil belajar yang diharapkan dapat ditempuh dengan berbagai cara, diantaranya guru membimbing dan mengarahkan siswa agar dirinya merasa terpanggil, serta hingga ia mampu belajar mandiri baik individual maupun kelompok, misalnya dengan metode kerja kelompok, penugasan pemecahan masalah dan lain-lain. Dengan cara seperti ini timbul inisiatif siswa untuk membentuk belajar di lingkungan masyarakat sebagai tindak lanjut upaya guru dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Upaya pencapaian hasil belajar yang diharapkan dapat ditempuh dengan berbagai cara, diantaranya guru membimbing dan mengarahkan siswa agar dirinya merasa terpanggil, serta hingga ia mampu belajar mandiri baik individual maupun kelompok, misalnya dengan metode kerja kelompok, penugasan pemecahan masalah dan lain-lain. Dengan cara seperti ini timbul inisiatif siswa untuk membentuk belajar di lingkungan masyarakat sebagai tindak lanjut upaya guru dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Alloh berfirman : “dan hendaklah
takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan mereka
anak-anak yang lemah, yang mereka khawatirkan terhadap kesejahteraan
mereka” Depag RI (1990: 16)
Yang dimaksud dengan kegiatan kelompok
belajar ialah aktivitas sekelompok orang-orang yang mempunyai tujuan
yang sama, yaitu ingin mendapatkan suatu perubahan tingkah laku yang
baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri
dalam interaksinya dengan lingkungan.
Dari hasil interaksi dengan lingkungan itu akan memperoleh keterampilan, kebiasaan, sikap kecakapan dan lain-lain.
Pada dasarnya kelompok kerja itu hampir
sama dengan metode kerja kelompok, adapun yang membedakan antara
keduanya hanyalah waktu pelaksanaannya saja, kerja kelompok biasa
dilakukan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas sedangkan
kelompok belajar biasanya melakukan kegiatannya itu di luar jam
pelajaran sekolah dan tidak diawasi oleh guru secara langsung, guru
hanya memberikan arahan seperlunya kepada kelompok belajar untuk
menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya, sehingga tugas dapat
diselesaikan dengan baik sesuai dengan harapan yang diinginkan.
Itulah yang dimaksud kelompok belajar oleh penulis dalam penelitian ini.
Itulah yang dimaksud kelompok belajar oleh penulis dalam penelitian ini.
Dengan adanya kelompok kegiatan belajar,
semua anggota kelompok diharapkan mendapat tambahan waktu belajar yang
maksimal di luar jam pelajaran di sekolah, mengingat alokasi waktu
belajar sekolah, khususnya bidang studi pendidikan agama Islam nampaknya
kurang memadai, disamping harapan itu agar berkembang dan tumbuh rasa
percaya diri dan yang akhirnya akan mempertinggi prestasi belajar siswa
khususnya prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam.
Keberhasilan siswa dalam belajar
tergantung kegiatan dan kedalaman belajar yang dilakukannya, baik faktor
timbul dari dalam diri siswa maupun faktor yang timbul dari luar diri
siswa.
Sementara itu prestasi belajar siswa di
sekolah dasar negeri UnsilSter I dalam bidang studi pendidikan agama
Islam, menurut pengamatan penulis dari hasil Sumatif secara kualitatif
prestasi belajar siswa rata-rata mendapat nilai di bawah rata-rata
(standar) dengan demikian prestasi belajar siswa menunjukkan tanda-tanda
menurun.
Sejauh permasalahan tersebut diatas
belum menunjukkan dan nyata kejelasannya, perlu dipermasalahkan
bagaimana mekanisme kegiatan kelompok belajar siswa di Sekolah Dasar
Negeri UnsilSter I, bagaimana prestasi belajarnya dalam bidang Studi
Pendidikan Agama Islam dan apakah pengaruh kegiatan kelompok belajar
siswa terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam berdasarkan latar
belakang itulah penulis mengadakan penelitian tentang :
“PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK BELAJAR
SISWA TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM” (Studi Kasus di SD Negeri UnsilSter 1 Kecamatan Ciawi Kabupaten
Tasikmalaya).
Perumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan diatas, maka masalah pokok yang akan diteliti adalah apakah kegiatan belajar siswa mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.
Untuk mempermudah pengambilan penganalisaan masalah pokok tersebut, secara bertahap perlu juga dijawab masalah-masalah sebagai berikut :
Berdasarkan permasalahan diatas, maka masalah pokok yang akan diteliti adalah apakah kegiatan belajar siswa mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.
Untuk mempermudah pengambilan penganalisaan masalah pokok tersebut, secara bertahap perlu juga dijawab masalah-masalah sebagai berikut :
- Bagaimana kegiatan kelompok belajar siswa di sekolah dasar negeri UnsilSter 1?
- Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam?
- Bagaimana pengaruh kegiatan kelompok belajar siswa terhadap prestasi belajarnya dalam bidang pendidikan agama Islam?
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah diatas maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Sesuai dengan perumusan masalah diatas maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Untuk mengetahui tentang kegiatan kelompok belajar di SD Negeri UnsilSter 1.
- Untuk memperoleh data yang kongkrit tentang prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
- Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kegiatan kelompok belajar siswa terhadap prestasi belajarnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kerangka Pemikiran
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989: 276) “Kegiatan” diartikan sebagai “Aktivitas; kegairahan; usaha; pekerjaan” berdasarkan pengertian tersebut maka yang dimaksud dengan kegiatan dalam penelitian ini adalah aktivitas kelompok belajar siswa kelas IV dan V SD Negeri UnsilSter I di luar jam belajar sekolah”.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989: 276) “Kegiatan” diartikan sebagai “Aktivitas; kegairahan; usaha; pekerjaan” berdasarkan pengertian tersebut maka yang dimaksud dengan kegiatan dalam penelitian ini adalah aktivitas kelompok belajar siswa kelas IV dan V SD Negeri UnsilSter I di luar jam belajar sekolah”.
Selengkapnya Download Contoh Proposal Skripsi Terbaru 2012
Terima Kasih.
EmoticonEmoticon